Senin, 04 Oktober 2010

Lakukanlah General Check Up Terhadap Kepemimpinan Anda !


Selasa, 09 Maret 2010

Saya percaya bahwa anda dalam setahun terakhir ini banyak sekali melihat pertumbuhan sebuah institusi bisnis yang begitu menakjubkan .Sebagaimana anda juga melihat bertumbangannya begitu banyak institusi bisnis disekitar anda .Kunci utama dari sebuah pertumbuhan atau sebuah kehancuran adalah kepemimpinan dari sang pemilik bisnis itu.Tapi ini sesungguhnya berlaku umum . Tumbuh dan hancurnya sebuah institusi apapun amat bergantung pada kemampuan pemimpinnya dalam memimpin .Jadi sekarang mari lakukan General Check Up terhadap kualitas kepemimpinan yang ada dalam diri anda , sebelum anda memimpin lebih jauh lagi :

Pertama : Tanyakan pada diri anda apakah anda punya pengaruh pada orang orang anda ?. Ya ini satu prissip fundamental dalam memimpin .Orang orang anda tidak akan mau anda gerakkan kalau mereka tidak melihat dan tidak merasa adanya pengaruh yang anda tanam dalam diri mereka.Anda bisa menanamkan pengaruh dengan benar melalui materi yang anda bagikan dengan tulus, atensi yang anda perlihatkan dengan penuh empati , edukasi yang anda lakukan dengan penuh dedikasi untuk meningkatkan kualitas mereka , serta moralitas yang anda tampilkan dengan penuh tanggungjawab yang tulus dan murni.

Kedua : Jujurlah pada diri anda apakah anda memiliki kemampuan membuat prioritas kerja dalam hidup anda ? Begitu anda berhasrat mencapai tujuan tujuan yang lebih besar dari sekarang , anda tidak bisa lagi menangani semua pekerjaan .Sebagiannya harus anda delegasikan kepada orang orang yang anda yakini dapat menjalankannya dengan memberikan ruang toleransi, bahwa mereka tidak bisa selalu memperlihatkan kesempurnaan dan tiak pernah salah .Sementara sebagian pekerjaan yang lain harus anda tangani sendiri.Jadi anda harus tahu apa yang harus anda dahulukan untuk dituntaskan oleh anda sendiri .Mana yang harus kemudian kerjakan kemudian ? Dan mana lagi pekerjaan yang harus anda delegasikan pada orang orang anda ?

Anda harus dapat memprioritaskan melakukan tindakan tindakan yang punya dampak besar dan strategis bagi pencapaian visi anda. .Inilah sejumlah tindakan yang harus anda prioritaskan : (1)Melakukan semua aktivitas pengembangan diri anda dan orang orang anda. (2)Membangun jaringan dengan sebanyak mungkin pusat pusat sumber daya. (3)Memperbaiki proses proses produksi sehingga output barang dan jasa menjadi lebih unggul. (4) Meningkatkan aktifitas promosi dari barang dan jasa yang anda hasilkan. (5) Meningkatkan jumlah transaksi permintaan atas barang dan jasa dari institusi anda

Ketiga : Periksalah diri anda apakah punya kemampuan memecahkan masalah ?. Sepanjang anda bekerja mencapai visi institusi anda , maka anda akan dihadapkan pada masalah masalah sumber daya , jaringan dan networking , proses proses produksi ,promosi dan peningkatan jumlah transaksi.Jika anda tidak mampu memecahkan masalah masalah itu anda hanya mendapati institusi anda menjadi stagnan dan bahkan akan hancur.

Keempat : Dengarkanlah kritik dan saran orang pada anda tentang integritas diri anda ?. Bukan hanya penguasaan beragam ilmu dan keahlian yang dibutuhkan oleh orang orang anda, tetapi mereka ingin pada pemimmpinnya ada kepaduan antara keyakinannya, ucapan-ucapannya yang mengispirasi serta tindakan –tindakan yang memperlihatkan rasa percaya diri dan kecermatan dalam bekerja.

Oleh karenanya bukalah diri anda untuk dapat menampung semua umpan balik , masukan , kritik atau apa saja namanya , yang selalu mengaharapkan anda dapat menyempurnakan kualitas kepribadian anda.

Tetapi jauh lebih baik kalau anda dapat menangkap isyarat dini – jadi tidak perlu menunggu umpan balik itu – untuk dapat memperbaiki integritas diri anda..Begitu anda melihat loyalitas yang mulai menurun pada orang –orang anda , itu pertanda bahwa anda sedang diprotes pada kualitas integritas anda.

Kelima : Buka kembali catatan masa lalu anda , apakah anda punya kebiasaan disiplin dalam hidup anda ?. Anda akan menemukan bahwa setiap kebiasaan dan tindakan disiplin selalu membawa keberhasilan dalam semua rencana hidup anda.Akan tetapi sebaliknya ketidak displinan selalu mempertemukan anda dengan kegagalan

Keenam : Lihatlah fokus perhatian anda , apakah anda selalu berpikir untuk mengembangkan orang orang anda ?. Anda harus menyadari , jika semua pekerjaan institusi anda , anda tangani sendiri , institusi anda memang berjalan dan tumbuh tetapi dalam laju yang sangat pelan.Namun jika anda berfokus mengembangkan orang orang anda sehinga level kemampuan mereka meningkat anda akan mendapati kenyataan bahwa institusi anda akan mengalami lompatan kemajuan .

Ketujuh : Sebelum anda memulai perjalanan anda dalam memimpin , apakah anda punya asset utama berupa SDM handal dalam institusi anda?. Jika asset SDM anda kapasitasnya biasa biasa saja , pertumbuhan instusi anda juga biasa – biasa saja . Jika asset SDM anda handal pertumbuhan institusi anda akan luar biasa , sebab ketika anda mengembangkannya , mereka akan berkembang mencapai level lebih tinggi dari yang mungkin dicapai oleh SDM yang biasa biasa saja kualitasnya. Itu artinya anda bisa lebih cepat meraih visi institusi anda .

Kedelapan : Apakah anda punya visi dan wawasan yang cukup untuk membawa institusi anda bertumbuh dan berkembang ?. Visi dan wawasan akan menyediakan referensi berpikir bagi anda .Dengannya anda tahu kemana institusi anda akan dibawa.Anda juga mengerti bagaimana mengembangkan semua asset yang anda miliki.Anda juga bisa memecahkan masalah yang dihadapi institusi anda. Sumber : trustcosurabaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PInk Rose & Glory

PInk Rose & Glory

Pink Rose & HardWork

Pink Rose & HardWork